Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah dan Tubuh?

Anda belum tahu bagaimana cara merawat kulit untuk wajah dan tubuh secara alami serta memilih produk perawatan wajah dan tubuhnya? Padahal Anda tahu bahwa memiliki kulit wajah dan juga tubuh yang putih mulus plus cantik adalah impian banyak wanita. Apakah Anda termasuk yang menginginkan memiliki hal itu? Pasti seperti itu. Namun yang menjadi kendala adalah modal perawatannya. Betul? Untuk itu, penting mengetahui cara perawatan kulit yang menghemat keuangan namun efektif membuat cantik pada kulit wajah serta tubuh Anda.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Wajah dan Tubuh?

Menurut orang Indonesia, memiliki kulit wajah dan juga kulit seluruh tubuh yang putih akan dianggap cantik. Banyak wanita yang berusaha maksimal untuk merawat kulit terutama di bagian wajah agar terlihat putih. Memang hasilnya putih. Namun yang menjadi masalah adalah kulit wajah yang putih tersebut justru tidak seimbang dengan kulit secara keseluruhan? Coba Anda perhatikan para wanita yang memiliki wajah putih, apakah kulit tubuhnya juga putih? Belum lagi efek putih pada wajah justru mengkilap seperti plastik bukan putih dalam artian cerah.

Apakah cara merawat kulit yang terbaik adalah hanya berfokus membuat kulit wajah menjadi putih dan kulit tubuh dibiarkan terlantar? Bagaimana reaksi Anda kalau misalkan melihat kulit seluruh tubuh Anda di cermin? Di dalam cermin, Anda akan melihat ada ketidakserasian antara kulit wajah dengan kulit seluruh tubuh. Terihat sekali bahwa kulit bagian wajah lebih putih mengkilap daripada kulit seluruh tubuh. Apakah itu yang Anda harapkan?

Terkecuali bila memang Anda adalah wanita yang berhijab dan aktif di luar lapangan, maka kulit wajah akan menghitam karena efek polusi udara dan sinar UV yang membuat kulit menjadi kusam. Maka berfokus melakukan merawat kulit di area wajah untuk diputihkan tentu hal yang wajar karena untuk menyeimbangkan kulit putih tubuhnya.

Bila memang ingin merawat kulit putih agar tetap terjaga kulit yang sudah putihnya atau tetap tampil cerah dengan kulit cokelatnya, tentu alangkah baiknya memang jangan hanya berfokus melakukan perawatan di bagian kulit wajah. Cara merawat kulit terbaik adalah merawat sampai seluruh tubuh. Terlihat mahal memang bila melakukan perawatan kulit sampai seluruh tubuh. Namun, tidak semua harus ditempuh dengan cara mahal. Kecantikan kulit bisa diraih untuk siapa saja dengan biaya berapa saja.

Tidak harus membutuhkan modal besar sebagai usaha merawat kulit agar selalu tampil cantik. Bila memang ingin merawat kulit, yang penting diketahui adalah bagaimana sifat kulit Anda dan kaitannya dengan bahan-bahan yang Anda pakai dalam perawatannya. Jangan sampai membeli produk yang dianggap mahal, namun ternyata tidak cocok untuk kulit Anda. Walau produk murah, namun cocok untuk kulit Anda, itulah yang harus dipakai dalam merawat kulit.

Ada dua cara merawat kulit tubuh khususnya untuk kulit wajah agar selalu tampil putih (baca: cerah) tanpa jerawat, yaitu:
  1. Perawatan kulit dari dalam, dan
  2. Perawatan kulit dari luar

Banyak wanita yang beranggapan bahwa dengan merawat kulit dari luar saja, sudah dianggap cukup untuk membuat kulit menjadi putih dan tidak kering. Padahal, multivitamin dan mineral yang alami dari dalam tanpa efek kosmetik dan produk perawatan lainya juga sangat membantu untuk kulit. Banyak sekali vitamin dan mineral yang memiliki manfaat untuk kebutuhan kecantikan kulit ketika dilakukannya dari dalam.

Banyak juga yang beranggapan bahwa cukup perawatan kulit dari dalam saja, maka sudah menjadi diri wanita yang cantik. Padahal, banyak sekali kotoran dan hal-hal dari luar yang mengganggu kecantikan dan kesehatan kulit. Jadi butuh juga secara langsung asupan vitamin, mineral, dan bahan lainnya yang penting untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Merawat Kulit Wajah dan Tubuh dari Luar

Kulit adalah inti utama yang membuat wanita tampil cantik atau tidak. Memang, inti utama yang lainnya adalah masalah takdir yang membuat wanita terpandang "relatif cantik". Namun, apakah masalah takdir kecantikan terkesan tidak adil? Seolah hanya wanita yang terlahir cantik maka bisa cantik. Untuk itu, wanita yang memang terpandang sebagai "cantik" faktanya masih banyak yang tidak tampil cantik. Justru wanita yang terlahir biasa, hanya rutin perawatan kulit dengan maksimal, yang tampil sebagai cantik. Jadi, wanita yang serius merawat kulit terutama perawatan kulit luar yang akan tampil sebagai wanita cantik.

Sebagai wanita memang harus maksimal merawat kulit dari luar karena kulit luar adalah penggambaran tentang kecantikan wanita. Belum lagi memang kulit luar yang telah berjasa menangkal sengatan sinar matahari sampai kulit itu berubah menjadi cokelat kehitam-hitaman. Bila dibiarkan tidak dirawat kulinya, maka efek sengatan matahari akan membuat kulit semakin menghitam.

Cara perawatan kulit tentu dengan teratur memberi asupan vitamin dan vitamin secara langsung lewat kosmetik pemutih kulit dan yang lainya atau lewat bahan yang bersifat alami.

Berikut ini beberapa cara perawatan kulit untuk bisa memutihkan (baca: mencerahkan) kulit secara alami tanpa menggunakan kosmetik ataupun perawatan di salon kecantikan:

1. Menggunakan Lulur

Lulur adalah salah satu yang paling populer dalam melakukan perawatan kulit seluruh tubuh secara alami. Arti lulur sendiri adalah membalutkan sesuatu bahan yang bisa dijadikan lulur dengan tujuan untuk perawatan dan kecantikan kulit. Bahan-bahan untuk lulur biasanya terbuat dari rempah-rempah seperti kunyit atau bisa menggunakan bahan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti cokelat.

Pastikan Anda membeli lulur yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk mengetahui kondisi sebenarnya tentang kulit Anda, pastikan harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter kecantikan atau dokter yang memang menangani masalah kesehatan kulit. Setelah tahu kondisi sebenarnya, Anda bisa membeli lulur di toko obat atau di tempat lainnya. Bisa juga dengan mengolah sendiri. Namun cara meramu lulur sendiri harus terlebih dahulu dibekali pengetahuan yang mencukupi agar hasil tidak sia-sia saja.

Kelemahan membalutkan bahan lulur sendiri yaitu tidak bisa membalut bagian belakang alias dibagian punggung. Biasanya para wanita melakukan hal ini di salon kecantikan.

Lakukan perawatan kulit dengan lulur sebanyak dua kali dalam seminggu.

2. Menggunakan Masker Beras

Berbeda dengan cara lulur, masker beras biasanya hanya fokus merawat bagian kulit wajah. Perawatan kulit bagian wajah harus menjadi inti pokok perawatan walau tidak sampai melupakan dalam merawat kulit seluruh tubuh. Kulit wajah menjadi inti pokok perawatan karena di bagian itulah yang rawan terkena masalah kulit seperti berjerawat, flek hitam, kulit berminyak, dan masalah kulit lainnya. Untuk itu, harus rutin melakukan perawatan dengan masker.

Anda bisa memilih masker beras sebagai perawatan kulit khususnya memutihkan alias mencerahkan kulit kembali akibat efek sinar matahari dan polusi. Beras memiliki kandungan viamin C dan E yang cocok untuk perawatan kulit khususnya di bagian wajah.

Untuk cara membuat masker dari beras, sebelumnya memang harus menyediakan tempat ulekan yang bersih. Lebih baik mengunakan alat ulek dari jenis batu. Lalu kemudian rendam beras semalaman agar proses penumbukan memang mudah dan juga agar kotoran dari beras pun hilang. Kemudian tumbuk sampai benar-benar halus. Setelah itu, jemur sampai benar-benar kering. Tepung beras yang sudah jadi bisa dipakai untuk masker.

Bukan hanya masker beras saja yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan perawatan kulit. Anda bisa memakai masker jagung dan yang lainnya. Memang repot bila diterapkan semua. Untuk itu, beli saja produk yang memang untuk masker wajah, bila memang ada.

3. Menggunakan Susu Pemutih

Perawatan dengan susu? Apa bisa? Bukankah itu terkesan mewah? Kalau mandi dengan susu, tentu terkesan mewah. Kalau mandi dengan susu, otomatis harus menggunakan susu dalam jumlah yang banyak. Walau demikian dengan menggunakan susu untuk mandi, maka kulit akan maksimal terlihat putih, lembut dan tentu terlihat seksi. Kandungan susu pun memang mendukung untuk perawatan kecantikan kulit.

Namun untuk kalangan biasa, tidak bisa menggunakan teknik mandi susu untuk meraih kecantikan kulit. Sebenarnya tidak perlu harus mandi susu. Bisa melakukannya dengan teknik pengolesan susu. Anda bisa menggunakan kain sebagai alat oles. Cukup memberikan beberapa tetes susu ke kain lalu gosokkan kain tersebut ke kulit wajah. Bila memang mau untuk seluruh tubuh, tentu tinggal meneteskan air susu lebih banyak lagi ke dalam kain.

Merawat Kulit Wajah dan Tubuh dari Dalam

Semakin tua, maka kekenyalan kulit akan semakin berkurang. Umur tua membuat kulit mengendur. Kalau di bagian wajah, maka akan mengalami pengerutan sehingga kecantikan wajah akan berkurang. Bila memang memaksimalkan membiarkan hal itu, apapun perawatan kecantikan yang dilakukan dari luar maka akan sia-sia saja. Nah, manfaat melakukan perawatan dari dalam adalah untuk meminimalisir terjadinya penuaan dini. Anda tahu Titik Puspa? Sudah berumur tua namun kekenyalan kulit masih nampak sekali di saat wanita seumur beliau sudah pada keriput. Hal itu dilakukan karena memang Titik Puspa rajin dan maksimal dalam melakukan perawatan kulit dari dalam.

Berikut adalah usaha untuk melakukan perawatan pada kulit agar tetap kenyal dan tampil cantik walau berumur tua:

1. Olahraga

Olahraga sangat penting untuk kesehatan. Dengan berolahraga dengan benar, tentu akan berefek mengeluarkan keringat. Tentu, racun yang masih ada dalam tubuh akan keluar lewat keringat. Apa jadinya bila tidak rajin olahraga? Bisa tebak sendiri. Dengan olahraga teratur, berarti dasar untuk perawatan kulit sudah Anda lakukan.

2. Konsumsi Sayur Dan Buah

Lebih baik memang mengkonsumsi buah dan sayuran bukan olahan pabrik bila memang untuk kepentingan kesehatan dan kecantikan kulit. Mengkonsumsi sayuran tanpa masak jauh lebih baik bila memang sayuran tersebut bisa dikonsumsi mentah. Sayuran bisa dinikmati ketika makan besar sebagai lalapan. Untuk mengkonsumsi buah, lebih baik harus dibuat jus tanpa gula. Lebih bagus sebelum makan bila mau mengkonsumsi jus buah. Jangan lupa, variasikan sayur dan buah yang Anda konsumsi agar nutrisi yang didapat bisa lengkap sehingga tidak fokus pada sayur dan buah yang hanya mengandung vitamin C dan E.

3. Konsumsi Air Putih

Demi perawatan maksimal, konsumsilah air putih yang mengandung mineral lebih dari 1 liter setiap hari. Lebih baik memang mencampuri dengan air olahan pabrik yang sudah terbukti mengandung mineral agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

Air adalah unsur terpenting karena sebagian besar tubuh memiliki kandungan air. Mengkonsumsi air putih dengan maksimal tentu membuat kulit Anda akan tampil segar, lembab, kenyal dan tentu adalah bisa memancarkan kecantikan.

4. Tidur Cukup

Kekurangan tidur membuat raut muka menjadi kusut. Apalagi bila disertai aktifitas bekerja di layar monitar, tentu akan membentuk kerutan karena memaksa diri untuk berkonsentrasi. Bila memang Anda seorang wanita karir yang kesehariannya menghadapi layar monitor, tidur cukup wajib dilakukan. Dengan tidur yang cukup, tentu akan segar kembali dalam melihat layar monitor.

Tidurlah dengan lampu yang redup. Bila perlu lampu dimatikan saja. Hal ini bermanfaat untuk mengendurkan seluruh syaraf yang tegang terutama di area kulit mata secara maksimal.

5. Makan Seimbang dan Sehat

Anda penyuka gorengan? Boleh-boleh saja. Namun bila makan secara rutin, akan berefek menimbulkan wajah berminyak. Efek dari wajah berminyak tentu membuat wajah menjadi kotor. Bisa jadi setelah itu wajah Anda akan berjerawat. Nah, Anda memiliki masalah kulit yang membuat wajah Anda tidak cantik lagi. Hal itu karena Anda tidak seimbang dalam mengkonsumsi gorengan.

Makan tidak sehat juga berpotensi menimbulkan masalah kulit. Salah satunya adalah tentu jerawat. Memakan berlebih yang mengandung tinggi kalori tanpa disertai aktifitas fisik tentu bukan termasuk makan dengan standar sehat walau memang yang dikonsumsi adalah jenis makanan sehat.

6. Terapi Quantum Ikhlas

Anda sudah mengenal Erbe Sentanu? Dialah penulis buku Quantum Ikhas. Ia menulis buku mengenai manajemen hati agar bisa bertahan dengan tenang dan ikhlas dalam menghadapi segala masalah hidup. Anda perlu terapi Quantum Ikhlas dengan audio yang sudah dirancang Erbe Sentanu.

Apa jadinya bila memang selalu timbul masalah? Bila memang tidak tahan dengan segala masalah hidup, maka resikonya bisa selalu menimbulkan stres. Stres bisa memperburuk kecantikan kulit terutama kulit wajah. Dengan stress, artinya kondisi wajah dalam keadaan murung. Wajah murung membuat tampilan kulit wajah terlihat agak kusam.

Intinya adalah kecantikan kulit Anda berkaitan erat dengan kesehatan jiwa dan raga Anda. Harus benar-benar selalu menjaga kesehatan jiwa dan raga agar kecantikan kulit bisa Anda raih selalu.

Dapatkan Info Kiat Bisnis Terbaru Di Email Anda Senilai 250.000. Masukkan Email Anda, Gratis!